DIVISI TI POLRI GARDA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI POLRI

By Administrator 09 Jun 2017, 23:55:36 WIB Teknologi
DIVISI TI POLRI GARDA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI POLRI

Organisasi dalam Kepolisian RI yang secara khusus menangani masalah teknologi informasi adalah Divisi Teknologi Informasi Kepolisian (Div TI Pol). Unsur pendukungnya antara lain Lembaga Pendidikan Kepolisian (Lemdikpol) yang di dalamnya termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), yang merupakan pelaksana pendidikan dan staf khusus menyangkut pendidikan tinggi serta pengembangan ilmu dan teknologi kepolisian, termasuk bidang Teknologi Informasi.

Div TI Pol adalah unsur pembantu pimpinan di bidang informatika, meliputi teknologi in formasi, dan komunikasi elektronika yang berada di bawah Kapolri. Bertugas menyelenggarakan fungsi pembinaan dan pengembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi elektronika, serta informasi manajerial, termasuk jaringan telekomunikasi di lingkungan Polri. Cakupannya meliputi sentralisasi pengumpulan dan pengolahan data, analisa dan evaluasi, penyajian informasi, termasuk pelayanan multi media, sebagai pusat informasi kriminal.

Kepala Div TI Pol saat ini dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Drs Machfud Ari?n SH. Organisasi yang dipimpinnya membawahi Sub-Divisi Komunikasi dan Elektronika dan disingkat Subdivtekkom, yang bertugas menyelenggarakan dan membina sistem telekomunikasi elektronika dan komunikasi data yang meliputi pembanguan dan pengembangan jaringan dan pelayanan komunikasi elektronika dan data serta pemeliharaan dan perbaikan alat komunikasi (Alkom) dan jaringan komunikasi. Lainnya adalah Sub-Divisi Tehnologi Informasi, disingkat Subdivtekinfo, bertugas membina dan menyelenggarakan sistem informasi yang meliputi pengumpulan, pengolahan data serta penyajian informasi dokumentasi baik bidang operasional maupun pembinaan hardware dan software termasuk pengembangan atau pelayanan multimedia.

Dalam upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana di bidang teknologi informasi, diperlukan adanya penyidik yang mempunyai kemampuan di bidang teknologi informasi, sehingga membantu pihak Kepolisian. Oleh karena itu perlu dibentuk penyidik Pejabat Pegawai Negeri Sipil (PPNS) yang lingkup tugas dan tanggung jawabnya di bidang teknologi informasi. Walaupun penyidikan boleh dilakukan oleh pihak di luar kepolisian yang berkompeten di bidangnya, tetapi pelaksanaan penyidikan dalam rangka penegakan hukum terhadap tindak pidana di bidang teknologi informasi tetap berada dalam koordinasi Polri.

Masyarakat sekarang adalah masyarakat berbasis teknologi informasi dan membutuhkan pelayanan yang disebut Quick Respond Time. Jadi, kalau polisi tidak meningkatkan dirinya dengan teknologi informasi, maka akan ketinggalan zaman. Tuntutan masyarakat terhadap kinerja polisi sekarang semakin tinggi. Dengan begitu semua fungsi di kepolisian sepatutnya memang berbasis pada teknologi informasi.

Polri mau tidak mau harus membekali satuannya dengan peralatan dan pengetahuan berbasis teknologi informasi agar tidak tertinggal oleh pelaku pelanggaran hukum yang sudah jauh memanfaatkan teknologi informasi. Selain itu, dengan teknologi informasi Kepolisian melakukan pelayanan dengan lebih baik, seperti pelayanan pembuatan SIM, STNK, SKCK, Perizinan Kegiatan, Perizinan Kepemilikan Senjata, informasi publik bidang lalu lintas, pengamanan gangguan Kamtibmas, pemberantasan terorisme, informasi kriminal, identi?kasi, forensik, dan lain-lain, termasuk pengamanan udara, laut, dan satwa.

Perkembangan teknologi informasi yang pesat, harus diantisipasi dengan hukum yang mengaturnya. Kepolisian sebagai lembaga aparat penegak hukum yang memegang peranan penting dalam penegakan hukum, harus menjadi garda depan dalam pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi.

Visi Div TI Polri adalah menjadi yang terdepan dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk mewujudkan Polri yang makin professional, unggul dan dipercaya masyarakat guna mendukung Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian dengan berlandaskan semangat gotong-royong. Sedangka misinya adalah: Menyelenggarakan teknologi informasi- komunikasi yang terintegrasi, efektif dan e?sien serta aman; Merealisasikan layanan operasional teknologi informasi-komunikasi yang excellence sesuai best practice; Penguatan Organisasi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung operasional pengelolaan teknologi informasi-komunikasi serta penguatan SDM teknologi informasi-komunikasi yang unggul dan professional.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Polling

Apakah content dalam website ini sudah lengkap ?
  Lengkap
  Kurang Lengkap
  Tidak Lengkap

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video