Polres Tanjabbar Gelar Dialog dengan Toklin Agama dan Suku Bangsa ciptakan Pilkada SEHATI

By Administrator 21 Sep 2020, 21:30:54 WIB Kegiatan

Berita Terkait

Berita Populer

Polres Tanjabbar Gelar Dialog dengan Toklin Agama dan Suku Bangsa ciptakan Pilkada SEHATI

KUALA TUNGKAL - Polres Tanjab Barat menggelar Silaturrahmi dan Dialog  bersama Tokoh Lintas Agama dan Suku Bangsa guna mewujudkan Pilkada Kab. Tanjab Barat tahun 2020 yang Sehat, Harmonis, Aman, Tertib dan Damai (SEHATI), Senin (21/09/20).

Acara dipimpin Kapolres Tajab Barat AKBP Guntur Saputro, S.IK, MH didampinngi Kasat Intelkam IPTU Edi Purnawan, SH di aula Rekonfu Mapolres Tanjab Barat.

Mengawali sambutannya Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro mengucapan terima kasih kepada seluruh tokoh lintas agama dan suku bangsa atas kehadirannya dalam acara tersebut untuk mendukung terselenggaranya Pilkada Kab. Tanjab Barat tahun 2020 yang SEHATI;

Beberapa permasalahan umum di Indonesia saat ini yakni COVID-19, sektor perekonomi, Karhutla serta saat ini Negara harus tetap menyelenggarakan Pesta demokrasi yakni Pilkada 2020. 

Dan terkait pelaksanaan Pilkada telah di jelaskan di PKPU bahwasanya setiap tahapan pilkada harus mematuhi protokol kesehatan terutama pada kampanye rapat umum yang saat ini dibatasi 100 orang yang di tujukan untuk mewaspadai Pandemi Covid-19 dengan harapan agar tim pemenangan masing-masing Paslon dapat benar-benar menyampaikan kepada pendukungnya untuk tidak melanggar protokol kesehatan dalam Pelaksanaan kampanye pada tiap tahapan Pilkada 2020 serta peran para tokoh sekalian juga penting dalam menyampaikan kepada masyarakat;

“Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan silaturrahmi dan dialog dapat mempererat dan menjalin hubungan baik antara Polres tanjab Barat dengan masyarakatnya serta harapan besar untuk Pilkada 2020 Kab. Tanjab Barat dapat berjalan dengan SEHAT, HARMONIS, AMAN, TERTIB DAN DAMAI (SEHATI),” ujar Kapolres.

Menurutnya, kehadiran para tokoh sangat penting di masyarakat untuk menjalin kerukunan antar etnis serta hubungan yang baik antar umat beragama untuk menjadi salah satu agen dalam menyampaikan dan menghimbau terkait hal kerukunan antar umat beragama, suku bangsa dan etnis serta kepada masyarakat mengingat sekarang telah memasuki tahapan Pilkada yang di selenggarakan ditengah Pandemi COVID-19.

Kapolres juga mengatakan dalam masa Pandemi COVID-19 saat ini masih mengkhawatirkan dimana terdapat kenaikan jumlah positif di Indonesia khususnya Kab. Tanjab Barat. Baru-baru ini terdapat kenaikan 14 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tentu menjadi perhatian bersama.

“Oleh sebab itu diharapkan kepada para tokoh lintas agama dan Suku Bangsa untuk menyampaikan kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan serta selalu menerapkan Protokol Kesehatan sebagai upaya percepatan pemutusan mata rantai COVID-19,” ujar Kapolres.

Selanjutnya, kata Kapolres Tanjab Barat dikenal dalam harmonisasi kerukunan umat beragamanya terjalin baik antar etnis dan lintas agama sehingga situasi aman kondusif, dan diharapkan terus berdampingan tanpa ada permasalahan.

“Namun apabila ada timbul gesekan agar segera kita komunikasikan baik dan selesaikan,” pinta Kapolres AKBP Guntur.

Tampak hadir diantaranya Pengurus MUI, Ketua BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja) Kab. Tanjab Barat, Ketua MBI (Majelis Buddhayana Indonesia), Ketua BAMAG (Badan Musyawarah Antar Gereja), 
Anggota MAKIN (Majelis Agama Konghucu Indonesia) Leng San Keng Kuala Tungkal; Dewan Penasehat MUI, Pimpinan Ibada Gereja HKBP Kuaka Tungkal; Pimpinan Ibadah Gereja Katolik Santo Paulis Kuala Tungkal.

Kemudian para Tokoh Lintas Suku Bangsa dianyatanya Perwakilan HKM (Himpunan Kerukunan Melayu),
Sekretaris IKM (Ikatan Keluarga Minang), Wakil Ketua HKK (Himpunan Keluarga Kerinci), Ketua KKS (Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan), Ketua KBB (Kerukunan Bubuhan Banjar), Sekretaris HKB Sumsel (Himpunan Keluarga Besar Sumatra Selatan), Wakil Ketua Paguyuban Wisnu Murti, Ketua Persatuan Batak Toba; Ketua Persatuan Batak Karo; Ketua PITI (Persatuaj Islam Tionghoa Indonesia; 
Sekjen Himpunan Keluarga 786 (Etnis India); Ketua Klenteng Kuang Kong Bio; Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) dan Perwakilan Batak Tapsel Kab. Tanjab Barat.(*)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Polling

Apakah content dalam website ini sudah lengkap ?
  Lengkap
  Kurang Lengkap
  Tidak Lengkap

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video