Kapolres Tanjab Barat Gelar Konfrensi Pers Hasil Ungkap Narkotika Jenis Sabu dan Extacy

By Administrator 31 Jan 2019, 07:47:28 WIB Kegiatan

Berita Terkait

Berita Populer

Kapolres Tanjab Barat Gelar Konfrensi Pers Hasil Ungkap Narkotika Jenis Sabu dan Extacy

Polrestanjabbar. jambi. polri. go. id – Berbagai macam cara yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab dalam melakukan upaya penyalahgunaan Narkotika. Seperti sebelumnya tepatnya tiga hari lalu Sabtu (26/1/2019) penyeludupan Sabu dan Pil Ekstasi dilakukan dengan modus souvenir milik oknum Anggota TNI. Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh Personil gabungan.

Personil gabungan dari Sat Res Narkoba, Satpol Air Polres Tanjab Barat, BKO KP Anis Madu Baharkam Polri, Polsek KP Marina dan Personil Kodim 0419/tanjab ini, berhasil menggagalkan upaya penyeludupan Narkotika Jenis Sabu seberat kurang lebih 500 gram dan Pil Ekstasi sebanyak 100 butir dari Kepri tujuan Provinsi Sumatera Selatan Palembang itu di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal, Sabtu 26 Januari 2019 sekira pukul 17.50 wib.

Kapolres Tanjab Barat AKBP ADG Sinaga, S. IK didampingi Kabag Ops Kompol R. P Nainggolan dan Kasat Narkoba Iptu David Raditya Yudhistira, S. Ik membenarkan pengamanan terhadap pelaku.

Kapolres dalam konferensi pers mengatakan, tersangka diamankan di Pelabuhan Marina Kuala Tungkal ini, merupakan penumpang SB Kurnia II dari Kepulauan Riau tujuan Sumatera Selatan Palembang.

” Pelakunya inisial AI alias Irvan (26) warga Jalan Yos Sudarso GG Todak 1 No 15 RT 002/012 Tanjung Pinang Kepri,” beber AKBP ADG Sinaga di Mapolres Tanjab Barat, Selasa (29/1).

Pengkapan pelaku tutur Kapolres, sabtu (26/1) sekira pukul 17.50 wib tim gabungan melakukan giat rutin pemeriksaan penumpang dan barang yang masuk melalui pelabuhan marina kuala tungkal. Saat giat berlangsung petugas melihat 1 (satu) orang penumpang dengan gelagat mencurigakan dan berusaha menghindari petugas.

Kemudian sambung kapolres dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang yang diketahui berinisial AI tersebut. Selanjutnya pelaku diminta untuk membuka tas barang yang dibawa. Saat dibuka tas bawaan AI ditemukan satu paket JNE yang diselipkan dalam baju PDL loreng TNI.

” Ketika ditanya, AI mengatakan bahwa paket tersebut merupakan souvenir dari Malaysia dan akan diberikan kepada seorang anggota TNI di Palembang. Dan AI menolak untuk membuka paket tersebut,” beber Kapolres.

Selanjutnya pelaku menelpon seseorang yang mengaku sebagai oknum anggota dan sebagai pemilik tas dan ingin berbicara dengan personel yang melakukan pemeriksaan. Dalam pembicaraan melalui telepon itu, oknum tersebut mengatakan “Jangan dibuka paket itu, itu paket untuk komandan di Palembang”.

” Karena pelaku terus menolak untuk diperiksa, dan terlihat mencurigakan, petugas melakukan penggeledahan dan ditemukan Barang Bukti berupa 500 gram diduga Narkotika jenis Sabu, dan 100 butir Narkotika Jenis Pil Extacy yang selanjutnya diamankan ke Mapolres Tanjab Barat,” ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, ini merupakan upaya penyeludupan Narkotika yang kedua kalinya berhasil digagalkan di Wilayah Hukum Polres Tanjab Barat dalam sepekan terakhir.

Dimana 6 (enam) hari sebelumnya minggu (20/1/2019) personil gabungan juga berhasil menggagalkan upaya penyeludupan Narkotika Jenis Sabu seberat kurang lebih 4 (empat) kilogram di Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

Terhadap tersangka akan disangkakan dengan pasal 114 ayat 2 dan atau  pasal 112 ayat 2 undang undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Ancaman hukumannya seumur hidup,” pungkas AKBP ADG Sinaga, S. IK Kapolres Tanjab Barat. hms




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Polling

Apakah content dalam website ini sudah lengkap ?
  Lengkap
  Kurang Lengkap
  Tidak Lengkap

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video